Archive for the ‘Tanya Jawab’ Category

No MENTARI ku kok diblokir Mas?? Ga bisa sms.

Banyak sich yang bertanya hal yang sama. Jika mereka mengajukan komplain ke CS Indosat di no 222, maka mereka akan diberi tahu bahwa no pelanggan yang bersangkutan telah mengirimkan sms ke no tertentu dalam jumlah yang banyak dan terus menerus.. Artinya?? ya hapenya ngirim sms dengan sendirinya tanpa disadari pemiliknya. Lho??? kok bisa??

Iya, hp-nya terserang virus. Setelah Mas Zen selidiki ternyata yang menyebabkan itu adalah sebuah aplikasi virus bernama “GUARDIAN”. Tentunya hanya hp ber-OS Symbian yang kena. Misal 3650. 3660. 6600. 7610. N70 dan kawan2.

Solusinya??
Simpel aja ya..

1. Backup data yang penting yang ada di memori telp.

Caranya bisa lewat GALLERY trus pindahin deh foto2 dll ke MMC. Meng-kopi nomor telp / kontak bisa langsung di hp. Kalo N70 bisa dari menu KONTAK –> Tandai Semua –> Salin –> ke Memori Kartu.
Kalo 6600 bisa dari menu KONTAK –> Tandai Semua –> Salin –> ke kartu SIM.
Kalo 3650 bisa pake PC Suite ato dicatet atu-atu. Hehehe,,,

Kalo udah semua, lakukan langkah ke2.

2. Format hape tanpa MMC alias kartu memori dicabut.

Caranya: pada mode Standby (kayak pas mau telp) ketikkan *#7370# lalu masukkan Kode Pengaman, normalnya 12345. [INGAT!!! Semua data akan hilang!! kembali ke standarnya.]
3.Jangan dulu masukkan MMC ke hp karena MMC masih mengandung virus. Cek Isi MMC pake komputer. Beli Card Reader dong… yang 35rb-an banyak kok.

4. Hapus file2 berikut ini:
* folder GUARDIAN, yang ada di SYSTEM/APPS
* file xx2050xx.MDL, yang ada di SYSTEM/RECOGS
* folder Libs yang ada di SYSTEM/BOOTDATA

5.OK.. virus sudah dihapus. Tinggal laporan ke Operator bilang virus udah dihapus.

6. Telp. Operator deh..

NB:Jika bingung dengan caranya, hubungi saja Service Center terdekat. Misal DEPOT CELL, depan JAGAL. Penggilingan Jakarta Timur. 😉